Home / Artikel News / Kadar Air

Kadar Air

Kadar AirPrinsip Metode Oven Kalibrasi. Read more ... »

Kadar air merupakan banyaknya air yang terkandung dalam bahan yang dinyatakan dalam persen. Kadar air juga salah satu karakteristik yang sangat penting pada bahan pangan, karena air dapat mempengaruhi penampakan, tekstur, dan citarasa pada bahan pangan. Kadar air dalam bahan pangan ikut menentukan kesegaran dan daya awet bahan pangan tersebut, kadar air yang tinggi mengakibatkan mudahnya bakteri, kapang, dan khamir untuk berkembang biak, sehingga akan terjadi perubahan pada bahan pangan (Winarno, 1997).

Kadar Air bubuk cokelat yang dihasilkan berkisar antara 3,00 % – 4, 85 %, Rata-rata kadar air bubuk cokelat yaitu 3,81 % (Lampiran 4a). Hasil analisis sidik ragam (Lampiran 4b) menunjukkan bahwa waktu fermentasi (F) dan lama pengeringan (K) berpengaruh sangat nyata (P≤ 0,01) terhadap kadar air bubuk cokelat yang dihasilkan, sedangkan faktor interaksi antara keduanya berpengaruh tidak nyata (P>0,01).

fermentasi kadar air

Gambar 9a. Pengaruh waktu fermentasi terhadap kadar air bubuk cokelat BNT 0,01=0,14, KK=5,23 (notasi yang berbeda menunjukkan perbedaan sangat nyata faktor waktu fermentasi).

Hasil uji lanjut BNT0,01 (Gambar 9a) menunjukkan bahwa perlakuan waktu fermentasi memberikan kadar air yang berbeda sangat nyata (P≤ 0.01) terhadap bubuk cokelat yang dihasilkan.

Perlakuan waktu fermentasi 3 hari kadar air bubuk cokelat yang diperoleh adalah 3,58 % (kadar air bubuk cokelat terendah), dan waktu fermentasi 5 hari diperoleh kadar airnya 3,75 %, sedangkan 7 hari memberikan kadar air bubuk cokelat tertinggi yaitu 4,11 %.
Kadar air bubuk cokelat yang dihasilkan cenderung meningkat dengan semakin meningkatnya waktu fermentasi.

Pada awal fermentasi sekitar 48 jam, pada biji yang difermentasi terjadi reaksi penguraian gula invert dan air menghasilkan etanol dan CO2, kemudian pemecahan etanol menjadi asam laktat dan air. Hal ini menyebabkan selama berlangsungnya waktu fermentasi terjadi peningkatan kadar air dalam biji cokelat.

Menurut Buckle (1987) sifat-sifat bahan hasil fermentasi ditentukan oleh mutu bahan pangan dan sifat-sifat asal bahan pangan itu sendiri, serta perubahan yang terjadi setelah fermentasi merupakan hasil fermentasi. Fermentasi oleh mikroorganisme yang dikehendaki memberi flavor, bentuk yang bagus (bouquet ) dan tekstur bahan pangan yang difermentasi. Waktu fermentasi adalah salah satu faktor terpenting penyebab meningkatnya kadar air sehingga dengan meningkatnya waktu fermentasi maka kadar air dalam bubuk coklat akan meningkat pula (Mulato, 2003).

Kadar Air

Gambar 9b. Pengaruh lama pengeringan terhadap kadar air bubuk cokelat BNT 0,01=0,14, KK=5,23 (notasi yang berbeda menunjukkan perbedaan sangat nyata faktor lama pengeringan).
Hasil uji lanjut BNT0,01 (Gambar 9b) menunjukkan bahwa kadar air bubuk cokelat antara satu perlakuan lama pengeringan dengan perlakuan lama pengeringan lainnya berbeda sangat nyata (P≤0,01). Pada lama pengeringan 2 hari diperoleh kadar air bubuk cokelat tertinggi yaitu 4,48%, lama pengeringan 3 hari dihasilkan kadar air sebesar 3,65%, sedangkan lama pengeringan 4 hari dihasilkan kadar air terendah yaitu 3,30%.
Pada gambar terlihat bahwa kadar air cenderung menurun dengan meningkatnya lama pengeringan. Wirakartakusumah et al. (1992) menyatakan bahwa proses pengeringan sangat dipengaruhi oleh suhu dan lama pengeringan.

Pengeringan dengan menggunakan suhu yang tinggi dapat mengakibatkan pengeringan yang tidak merata yaitu bagian luar kering sedangkan bagian dalam masih banyak mengandung air (Buckle et al., 1988; Muchtadi et al., 1992).

Menurut Earle (1981) Faktor-faktor utama yang mempengaruhi kecepatan pengeringan dari suatu bahan pangan adalah :

  • (a). Sifat fisik dan kimia dari produk (bentuk, ukuran, komposisi, kadar air)
  • (b). Pengaturan geometris produk sehubungan dengan permukaan alat atau media perantara pemindah panas (seperti nampan untuk pengeringan).
  • (c). Sifat-sifat fisik dari lingkungan alat pengering (suhu, kelembaban, dan kecepatan udara).
  • (d). Karakteristik alat pengering (Efisiensi pemindahan panas).

Kadar Air
Seberapa Pentingkah Kadar Air pada dunia Bisnis Pertanian, Kehutanan, perkebunan atau Transaksi jual beli dalam pembelian komoditi terkait ? tentunya sangat penting dalam pembelian / penjualan untuk komoditi tersebut.
Sebagai contoh anda pengepul / penampung (pengusaha) tembakau, jagung, cengkeh, padi / beras, kopi, kedelai, macam macam kayu, kakao ataupun biji bijian lainnya membeli dalam komoditi banyak / quantity yang nantinya akan dijual ecer kembali ataupun secara komoditi banyak diperlukan standart’an dalam kualitas bagus dan mutu pada komoditi tersebut otomatis diperlukan proses dalam tahapan tersebut.
melakukan pada tahapan tsb diperlukan waktu dan biaya proses yang lama.. untuk era teknologi sekarang banyak ditemui proses dengan menggunakan mesin pengering, mesin timbangan ataupun alat pengukuran kadar air dalam cek kelembaban kadar airMetode Pengukuran Kadar Air. Read more ... » komoditi tersebut. keuntungan dari alat ukur kadar air yang kami sediakan tersebut bermanfaat juga dalam bisnis jual/beli, memperoleh mutu dan kualitas yang diinginkan
kandungan kadar air 1% saja dalam pembelian / penjualan komoditi produk anda sangat mempengaruhi mutu dan kualitas ataupun keuangan anda ..!! bisa mungkin anda rugi karena membeli kandungan kadar air pada komoditi produk tersebut ataupun sebaliknya ..!
CV. Java Multi Mandiri Adalah General Supplier dan Distributor Digital Meter Indonesia menyediakan berbagai Alat Digital Elektronika yang kami jamin dan Garansi pada produk digital meter kami.

Terpercaya dan Terjamin
History berdirinya CV. Java Multi Mandiri Selain MultiPayment Mobile Java Tronik sebelumnya kami sudah menjual untuk produk Digital Meter dari Tahun 2009 sampai dengan sekarang.
Dipercaya, sampai saat ini kami masih menerima repeat order semua unit instansi perusahaan, perseorangan diseluruh indonesia yang telah bertransaksi dengan kami sebelumnya, ataupun pembeli dan resseler yang baru bertransaksi dengan kami, adapun yang datang ketempat kami untuk membeli barang secara langsung.
Silahkan datang ketempat kami untuk membeli produk digital meter, terima antar barang langsung diwilayah DKI dan DIY ( syarat ketentuan berlaku ) {bdn.sdr}.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.