Home / Artikel News / Standart Cengkeh dan Manfaatnya

Standart Cengkeh dan Manfaatnya

Standart Cengkeh dan Manfaatnya

1. Pendahuluan
Cengkeh (Eugenia Caryophyllus) adalah tanaman perkebunan yang dapat mencapai ketinggian hingga 20 meter. Daun mudanya berwarna merah muda terang, lalu berubah menjadi hijau kekuningan setelah tua, dan menjadi keras. Yang diambil dari tanaman cengkeh adalah bunganya, dan bunga cengkeh berkelompok mulai tiga hingga sepuluh tangkai, di mana setiap tangkai berisi tiga kuntum bunga.

2. Panen
Ketika kaliks (bagian luar) dari bunga berubah dari hijau ke merah muda menjadi kuning merah muda, dan sebelum bunga mekar mengeluarkan benang sari, bunga cengkeh harus dipanen. Kelompok tangkai bunga harus dipanen bersamaan menggunakan tangan. Perusakan cabang-cabang kecil harus dihindari untuk menjaga produktifitas setiap tanaman pada musim panen tahun berikutnya.

3. Pengeringan
Bunga-bunga dilepaskan dari tangkainya dengan tangan. Satu tangan memegang pangkal tangkai bunga sedangkan tangan lainnya membengkokkan sambil sedikit memuntir sehingga bunga lepas. Tangan pekerja dan ruangan tempat bekerja harus bersih untuk menjaga kualitas tetap baik. Bunga dan tangkai dipisahkan, lalu bunga segera dikeringkan, bila tidak akan terjadi proses fermentasi yang dapatmenurunkan kualitas cengkeh yang dihasilkan. Biasanya pengeringan dilakukan dengan penjemuran, dengan bunga cengkeh diletakkan di atas tikar pandan atau di atas rak. Penggunaan rak-rak dalam penjemuran lebih baik untuk menghasilkan keseragaman dalam warna dan kadar air. Pengerinan biasanya memakan waktu empat sampai lima hari. Di akhir penjemuran, kadar air cengkeh berkisar antara 8 hingga 10% dengan warna merah coklat. Proses pengeringan yang tidak baik akan menghasilkan cengkeh dengan warna coklat pucat.

4. Pembersihan
Bunga cengkeh yang telah kering dibersihkan dari debu dan kotoran halus lainnya dengan cara menghembuskan angin pada cengkeh yang ditempatkan di dalam keranjang. Bisa juga dengan menjatuhkan cengkeh dari ketinggian tertentu di tempat terbuka sehingga angin yang bertiup akan menerbangkan debu dan kotoran halus yang menempel pada cengkeh.

5. Penggunaan
Penggunaan cengkeh yang utama adalah:

  • Untuk memberi aroma dan citarasa pedas pada rokok kretek khas Indonesia.
  • Untuk memberi aroma dan citarasa khusus pada makanan dan minuman.
  • Untuk memproduksi minyak esensial yang banyak digunakan dalam farmasi dan kesehatan.

6. Standar

Standar Cengkeh disusun berdasarkan hasil survey diperkebunan rakyat dari Swasta (didaerah Bogor, Sukabumi dan Semarang), pabrik rokok kretek (didaerah Semarang Malang dan Surabaya) serta wawancara dengan orang-orang yang banyak berkecimpung dalam perdagangan cengkeh. Setelah mempelajari hasil survey tersebut serta Standar Cengkeh berbagai negara impor (Nederland dan Amerika Serikat) American Spice Trade Association (ASTA) maupun negara eksportir cengkeh (Zanzibar, Malagasi dan India IS: 4404 1967), maka disusun Standar Cengkeh  Indonesia sebagai berikut :

Standart Cengkeh dan Manfaatnya

Ruang Lingkup
Standar ini meliputi syarat mutu, cara pengujian mutu dan cara pengujian mutu dan cara pengemasan cengkeh.
Definisi
Cengkeh adalah bunga yang belum mekar dari tanaman cengkeh Eugenia carvophyllus (Sprengel) Bullock et Harrison) famili Myrtaceae, yang telah dikeringkan
Jenis Mutu
Cengkeh digolongkan dalam tiga jenis mutu, yaitu mutu I, II dan III.
Syarat Mutu:

Syarat Mutu Cengkeh

Syarat Mutu dan Standart Cengkeh

Bahan asing = semua bahan yang bukan berasal dari bunga cengkeh Keterangan:

  • Cengkeh inferior = cengkeh keriput, patah dan telah dibuahi
  • Cengkeh rusak = cengkeh jamuran dan telah di ekstrasi
Manfaat Cengkeh

Budidaya Cengkeh dan Standart Cengkeh

Manfaat dari cengkeh

1. Bernutrisi

Cengkeh adalah sumber nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh karena mengandung vitamin hingga nutrisi yang penting, seperti kalsium dan juga magnesium. Cengkeh yang berukuran kecil ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh karena memiliki kandungan energi yang besar dan juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

2. Antibakteri dan Jamur
Cengkeh dapat menjadi cara yang alami untuk melawan bakteri yang membahayakan perut, dan melawan kuman pada mulut. Selain itu, eugenol yang terdapat pada cengkeh telah terbukti memiliki kandungan anti jamur, serta efektif dalam melawan penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.

3. Mengandung Analgesik
Minyak cengkeh sering digunakan untuk mengobati gigi dan juga eksperimen yang baru-baru ini dilakukan membuktikan cengkeh memiliki kandungan anelgesik. Jadi jika mengalami sakit pada gusi, tak perlu lagi membeli obat di apotik, gunakan saja minyak cengkeh untuk meredakan rasa sakit Anda.

4. Zat Perangsang
Cengkeh dipercaya memiliki kandungan zat perangsang tradiosional. Meskipun belum ada klaim yang kuat mengenai hal tersebut, eksperimen yang baru-baru ini dilakukan menunjukan bahwa cengkeh memang memiliki kandungan zat perangsang. Selain itu cengkeh juga membantu kasus ejakulasi dini.

5. Baik untuk Pencernaan
Cengkeh merupakan salah satu makanan yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya melawan kembung dan bisul, namun juga efektif meredakan mual dan gangguan pencernaan.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung
Eugenol yang terkandung pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah dan mencegah stroke. Hingga saat ini, para peneliti masih melakukan riset untuk mengetahui manfaat lain dari tanaman cengkeh bagi kesehatan jantung.

7. Melawan Kanker
Meskipun belum benar-benar dipastikan, namun studi menunjukkan bahwa cengkeh dapat menangkal penyakit kanker, terutama kanker kulit, paru-paru dan juga saluran pencernaan.

8. Anti Inflamasi
Flavonoid yang ditemukan dalam minyak cengkeh memiliki kandungan anti inflamasi yang yang dapat membantu pasien yang menderita rematik. Selain itu cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran dalam menyembuhkan gangguan saluran pernafasan.

9. Anti Nyamuk
Cengkeh memiliki kandungan yang tidak disukai nyamuk. Gunakan cengkeh untuk mencegah Anda dari gigitan nyamuk yang menyebabkan malaria, demam berdarah, dan juga penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

10. Meningkatkan Sistem Imun
Cengkeh dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dan juga melawan seluruh penyakit mulai dari ringan hingga penyakit yang mematikan.

11. Cengkeh Dapat Menghilangkan mual
Anda cukup mengonsumsi segelas air rebusan cengkih. Bisa juga ditambahkan dengan madu jika Anda kurang menyukai rasanya.

12. Cengkeh Bisa Menghentikan batuk berdahak
mengunyah cengkih dapat menyembuhkan batuk. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

13. Cengkeh Bisa Hilangkan bau mulut
Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Nah, untuk urusan yang satu ini, Anda bisa berkumur dengan air rebusan cengkih satu kali sehari

* Semoga Artikel Ini Bermanfaat untuk Anda.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.