Home / Artikel News / Pertumbuhan Kacang Hijau dan Manfaatnya

Pertumbuhan Kacang Hijau dan Manfaatnya

Pertumbuhan Kacang Hijau

Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge.

Pertumbuhan Kacang Hijau dan Manfaatnya

Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam bubur. Tepung biji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun. ( Wikipedia ).

Manfaat Kacang Hijau

Manfaat kacang hijau terdapat karena kandungan gizi dan vitaminnya yang banyak. Kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gr kacang hijau adalah 345 kalori, 22,2 gr protein, 1,2 gr lemak, dan sisanya berupa vitamin A, vitamin B1, fosfor, zat besi, mangan.

Kacang Hijau

Kacang Hijau

Selain itu, kandungan vitamin E pada kacang hijau berperan untuk merawat kecantikan misalnya yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Oh ya, selain kacangnya, kecambah kacang hijau juga punya manfaat tak kalah penting antara lain :

  • Antioksidan kecambah membantu memperlambat proses penuaan
  • Mencegah penyebaran sel kanker
  • Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan
  • Sangat baik untuk menjaga keasaman asam lambung dan melancarkan pencernaan
  • Berguna untuk kecantikan yaitu meremajakan dan menghaluskan kulit
  • Menghilangkan noda-noda hitam pada wajah
  • Menyembuhkan jerawat
  • Menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

banyak sekali ya manfaat kacang hijau ini. mulailah mengkonsumsi kacang hijau sekarang juga!

Selain itu, kacang hijau juga bisa menurunkan demam. Bahkan menurut hasil penelitian kacang hijau adalah penurun demam terbaik bila dibandingkan dengan ramuan tradisional lainnya. Hebatnya lagi, biar direbus lama, sampai hancur, kacang hijau tetap berkhasiat, tidak terpengaruh dengan panas. Berbeda dengan kacang, sayur, buah, dan bahan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama, akan menurunkan khasiat pengobatannya.

Aneka Ramuan Kacang Hijau Ada banyak macam penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya dengan mengasup kacang hijau. Berikut ini beberapa ramuan kacang hijau yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Dari berbagai sumber ramuan-ramuan ini diambil, salah satunya dari Drs. Didik Gunawan, Apt. S.U., dosen pada Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kacang Hijau

Selain Itu Kacang Hijau sangat enak disajikan dalam bentuk Minuman.
Bubur Kacang Hijau

Cara membuat bubur kacang ijo alias burjo gampang. Berikut tips membuat burjo:

Pertama-tama siapkan bahannya, yakni kacang hijau sebanyak satu kilogram, daun pandan tiga lembar, air sebanyak empat gayung atau sekitar tiga liter, gula ¾ kg dan garam ¾ sendok makan.

Cara memasaknya, didihkan air yang sudah disediakan. Kemudian masukkan kacang hijau dan daun pandan, tunggu sampai kacang hijaunya merekah. Kira-kira membutuhkan waktu 20-30 menit. Setelah benar-benar merekah masukkan gula dan garam diaduk. Tunggu sampai mendidih lagi baru diangkat. Bubur kacang hijau siap dihidang.

Perlengkapan Elektronik Digital Alat Ukur Kadar Air Kacang Hijau / Moisture Meter
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.