Home / Artikel News / Pengolahan Serbuk Kayu

Pengolahan Serbuk Kayu

Pengolahan Serbuk Kayu

Limbah serbuk gergaji dan potongan kayu mencakup lebih dari 50% dari total volume kayu yang masuk ke pabrik furniture.

Sebagai contoh apabila sebuah pabrik setiap tahunnya membeli kayu log sebesar 3.000 M3, berarti serbuk gergaji yang dihasilkan setiap tahunnya adalah sekitar 780 M3!

Konsentrasi terhadap produksi membuat kebanyakan pabrik kurang peduli mencari jalan keluar pembuangan limbah tersebut.

Serbuk Kayu

Serbuk Kayu

Serpihan kayu dari limbah proses log menjadi kayu gergajian atau potongan-potongan kayu dari dalam produksi bisa di daur ulang menjadi produk-produk kecil yang bernilai dekoratif. Atau bagi pabrik yang memiliki Kiln Dryer bisa memanfaatkannya sebagai bahan bakar di ruang pembakaran mesin boiler. Artinya serpihan-serpihan kayu tersebut masih bisa menjadi komoditi perusahaan. masih bisa membantu mengurangi biaya produksi di departemen pembahanan.

Solusi paling sederhana dan paling mudah yang saya amati saat ini adalah dengan menjual atau menyerahkan pengaturan pembuangan serbuk dan tatal (serpihan dari mesin serut atau router) kepada masyarakat lokal. Pabrik yang pada umumnya terletak di daerah luar kota tidak sulit mendapatkan solusi ini karena penduduk di sekitar pabrik bisa menggunakannya sebagai bahan bakar untuk memasak.
Mereka bisa juga mengirimkan serbuk dan tatal tersebut ke pabrik kecil yang memproduksi batu bata, genteng, atau keramik sebagai bahan bakar.

Beberapa pabrik pembuat MDF dan papan buatan lainnya juga menerima tatal dengan kondisi tertentu. Wlaupun demikian biasanya mereka lebih cenderung memproduksi wood chips sendiri.

Bricket Kayu
Salah satu cara yang ekonomis dan produktif adalah membuat bricket kayu yang nantinya akan bisa digunakan sebagai bahan bakar. Serbuk dan tatal diberi tekanan tinggi di dalam satu bejana tertutup hingga padat. hasil tekanan padat tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan bakar yang mirip bricket batubara. Saya pernah berkunjung ke sebuah pabrik yang mengolah limbah dengan cara seperti ini akan tetapi belum bisa memberikan penjelasan detail kepada anda tentang bagaimana dan peralatan seperti apa yang harus disiapkan.
Satu waktu akan diusahakan untuk mendapatkan informasi tersebut bagi anda lengkap dengan perkiraan biaya dan kemungkinan hasil yang bisa diperoleh.

Serbuk kayu hasil gergaji atau serutan adalah limbah yang menurut sebagian orang sudah tidak ada manfaatnya dan tidak mempunyai nilai ekonomis. Pendapat itu salah, karena serbuk/bubuk hasil gergaji/serutan masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan antara lain :

Serbuk hasil serutan
Serbuk kayu hasil serutan bermanfaat bagi anda yang bergerak di bidang bisnis ternak hamster. Serbuk kayu digunakan sebagai alas untuk hamster, dimana serbuk ini tidak dipakai selamanya, namun selalu diganti secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ternak hamster tersebut, sehingga bisnis dibidang pengadaan serbuk kayu adalah bisnis yang menjanjikan karena selalu dibutuhkan.

Serbuk hasil potongan kayu (bubuk)
Serbuk kayu yang dihasilkan dari limbah penggergajian kayu dapat dimanfaatkan menjadi briket arang, arang aktif, komposit kayu plastik, pot organik sebagai pengganti polybag), sebagai media tanam jamur dan bentuk-bentuk lainnya. Atau bisa juga digunakan sebagai pengganti kayu bakar yang keberadaannya sekarang semakin sulit didapat guna menekan biaya produksi bisnis anda.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.