Home / Artikel News / Pengertian Sound Level Meter

Pengertian Sound Level Meter

Sound Level Meter adalah suatu alat yang digunakan untuk pengukuran suatu intensitas suara.

Pengertian Sound Level Meter gambaran Singkatnya ?

Apa itu sound level meter? Sound level meter merupakan alat atau instrumen yang berguna untuk mengukur tingkat kebisingan suatu daerah. Kebisingan sendiri bisa diartikan sebagai gangguan suara berlebihan yang tidak diinginkan, seperti misalnya bunyi musik, bunyi mesin, bunyi kendaraan dan lain sebagainya. Kebisingan bukan hanya dapat mengganggu tingkat kenyamanan, namun juga akan mengganggu kesehatan hingga berdampak pada ketulian. Oleh karena itu, untuk mengetahui tingkat kebisingan di lingkungan kerja yang biasanya terjadi selama setiap hari di tempat Anda kerja, digunakan lah alat ukur kebisingan yang dinamakan dengan sound level meter.

Bagaimana prinsip kerja dari instrumen yang satu ini? sound level meter bekerja didasarkan pada getaran yang terjadi. Apabila ada sebuah objek atau benda yang bergetar, maka akan menyebabkan terjadinya perubahan tekanan udara yang akan ditangkap oleh sistem peralatan, kemudian selanjutnya jarum analog akan menunjukkan angka jumlah tingkat kebisingan yang dinyatakan dengan nilai dB.

Mengapa kita membutuhkan alat sound level meter untuk mengukur tingkat kebisingan? Tahukah Anda bahwasannya kebisingan yang Anda dengarkan setiap hari secara kontinyu akan memberikan berbagai dampak buruk bagi Anda, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dampak kesehatan berupa resiko ketulian yang lebih tinggi.
  2. Dampak psikologis.
  3. Gangguan dalam komunikasi dengan orang lain.
  4. Gangguan fisiologis.
  5. Gangguan auditori.
  6. Kurang semangat dalam bekerja
  7. Stres
  8. Resiko ancaman keselamatan dalam bekerja.

Masih banyak lagi resiko yang tidak kita sadari apabila kita membiarkan diri kita selama rentang waktu yang lama berada dalam kondisi kebisingan yang tak nyaman. Oleh karena itu sound level meter menjadi solusi mudah untuk Anda yang ingin bebas dari berbagai masalah. Dengan adanya alat pengukur tingkat kebisingan tersebut, diharapkan pihak perusahaan atau tempat Anda bekerja mampu memberikan kebijakan solusi apabila memang kondisi kebisingan sudah berada pada kondisi tak normal. Bagi mereka yang bekerja di lingkungan industri sangat penting menggunakan sound level meter sebagai solusi berbagai masalah dalam bekerja.

Sound Level Meter

Dalam melakukan pengukuran menggunakan Sound Level Meter, gelombang bunyi yang terukur bisa jadi tidak sama dengan nilai Intensitas gelombang bunyi yang sebenarnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Adanya angin yang berhembus dari berbagai arah yang menyebabkan tidak akuratnya nilai yang terukur oleh Sound Level Meter.
  • Apabila melakukan pengukuran di tempat yang banyak tumbuhan, suara yang dikeluarkan sirine terserap oleh tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya. Sehingga pengukuran tidak maksimal.
  • Adanya pengaruh kecepatan angin, yang menyebabkan nilai Intensitas gelombang bunyi yang terukur lebih kecil dari hasil yang sebenarnya.

Karena hal-hal yang berpengaruh pada penjalaran gelombang bunyi yaitu kecepatan angin dan benda-benda di sekitar sirine yang dapat menyerap gelombang bunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.