Home / Artikel News / Pembuatan Plywood Triplek Tripleks Multiplek Multipleks

Pembuatan Plywood Triplek Tripleks Multiplek Multipleks

Pembuatan Triplek

Plywood atau sering disebut tripleks adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. Plywood merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan. Plywood bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit.

Pembuatan Plywood Triplek Tripleks Multiplek Multipleks

Plywood biasanya digunakan untuk menggunakan kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok. Lapisan plywood (yang biasa disebut veneer) direkatkan bersama dengan sudut urat (grain) yang disesuaikan untuk menciptakan hasil yang lebih kuat. Biasanya lapisan ini ditumpuk dalam jumlah ganjil untuk mencegah terjadinya pembelokan (warping) dan menciptakan konstruksi yang seimbang. Lapisan dalam jumlah genap akan menghasilkan papan yang tidak stabil dan mudah terdistorsi.Saat ini plywood tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 0.8 mm hingga 25 mm dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda. ( Wikipedia )

Triplek

PLYWOOD / Triplek / Tripleks / Multiplek /Multipleks

PLYWOOD / Triplek / Tripleks / Multiplek /Multipleks

Dikenal juga dengan nama KAYU LAPIS terbuat dari lembaran kayu tipis (veneer) dengan ketebalan antara 0.6 mm hingga 3 mm . Setiap lembaran kayu dilem dengan lem khusus, kemudian di susun dengan sudut berbeda beda agar dapat menghasilkan kekuatan terhadap tekanan. Jumlah lapisan disesuaikan dengan ketebalan yang diinginkan dan jumlahnya harus ganjil (3,5,7,9, dst lembar).

Triplek

Setelah disusun dengan jumlah ketebalan yang diinginkan kemudian lembaran lembaran tersebut dipress dengan tekan yang sangat tinggi serta suhu hingga 140 derajat C. Selain jenis kayu, jenis perekat adalah unsur penting dalam pembuatan Plywood, ada 3 jenis lem yang biasa dipakai dalam pembuatan plywood yaitu :

  • UF ( Urea Formadehyde )
  • MF ( Melamine Formaldehyde )
  • PF ( Phenolic Formaldehyde )

Lem UF dipergunakan dalam pembuatan Plywood yang tidak terlalu membutuhkan kekuatan yang tinggi misalnya untuk pembuatan indoor furniture, kebanyakan triplek yang beredar dipasaran Indonesia menggunakan lem jenis ini.

Lem MF adalah lem triplek yang mengandung melamine, sama seperti lem UF, Lem MF juga dipergunakan untuk pembuatan plywood yang dipergunakan untuk indoor tetapi lem MF memiliki kekuatan dan hasil plywood yang lebih baik dari pada lem UF.

Lem PF banyak dipergunakan dalam pembuatan plywood yang membutuhkan ketahanan tinggi misalnya plywood tahan cuaca (WBP Plywood) atau untuk plywood yang dipergunakan dalam pengecoran (Phenol Film Faced Plywood) atau juga dipergunakan dalam pembuatan kapal layar (Marine Plywood) Selanjutnya PLYWOOD / Triplek / Tripleks / Multiplek / Multipleks ada yang dilapis kembali sehingga menjadi Phenol Film Plywood, Fancy Plywood atau Melaminto.Ada produk lain dari yang berasal dari kayu yang fungsinya hampir sama dengan Plywood yaitu : Block Board , MDF ( Medium Density Fiberboard ) , HDF ( High Density Fiberboard ) atau Particle Board.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.